Kamis, 23 November 2017

Inspeksi Jaringan Demi Kontinuitas Penyaluran Energi Listrik

Bulan Desember merupakan bulan yang penuh keceriaan, siap-siap untuk menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru. Tentunya akan ada banyak event yang dilakukan pada bulan ini. Dimana bulan ini termasuk bulan-bulan yang diguyur hujan, baik hujan disertai angin ataupun hujan disertai petir. Biasanya banyak pohon-pohon yang tumbang karenanya sehingga berimbas kepada keadaan jaringan listrik kita. Bisa saja jaringan listriknya tertimpa pepohonan yang tumbang, mungkin juga jaringan listriknya terkena petir atau musibah lainnya. Tapi semoga saja itu tidak  Untuk mengantisipasi terjadi nya hal-hal yang tidak diinginkan, maka sangat digalakkan untuk melakukan inspeksi jaringan listrik.
Jaringan listrik yang rentan dengan gangguan-gangguan yang dapat mengakibatkan pemadaman penyulang (mati listrik) bahkan blackout ini patut diantisipasi. Adapun gangguan ini dapat terjadi dari internal maupun eksternal. Gangguan internal ini diakibatkan oleh dari peralatan yang ada di jaringan itu sendiri, sedangkan gangguan eksternal diakibatkan oleh cuaca, pepohonan, binatang ataupun alam sekitar.
Apa saja yang harus diperiksa saat inspeksi jaringan :
1.       Melakukan pengecekan/inspeksi terhadap keadaan tiang dan material/peralatan terpasang yang tidak sempurna (Tiang, LBS, DS, Cut Out, Arrester, Isolator, Arm Tie, Cross Arm dll)
2.       Melakukan pengecekan konduktor
3.       Melakukan pengecekan pengaman jaringan : Treckshoer, Kontramast, Druckschoer dan Ground Steel Wire
4.       Termovision
5.       Melakukan survey ROW Jaringan
6.       Pembuatan dan updating peta pohon per penyulang (jenis pohon dan periode rabasnya serta informasi kondisi geografis) setelah inspeksi ROW dilaksanakan
7.       Membuat laporan hasil pekerjaan/inspeksi
Sebaiknya inspeksi ini dilakukan secara rutin dan terjadwal sehingga kontinuitas penyaluran energi listrik tetap terjaga. Setelah dilakukan inspeksi misalnya terdapat penemuan dan penanggulangannya sebagai berikut :
1.       Pohon yang sudah mendekati jaringan
Jika sudah mendekati jaringan, baiknya pohon tersebut segera dirampas-rampas agar jaringan aman dari gangguan.
2.       Layang-layang yang menyangkut dikonduktor/peralatan di jaringan listrik
Agar segera melakukan tindakan dengan membersihkan, bila perlu pasang papan peringatan yang ditempel disekitar gardu yang berisi mengenai “Jangan bermain layang-layang di daerah jaringan listrik, karena berbahaya”. Bisa juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai berbahaya bermain layang-layang diseputaran jaringan listrik.
3.       Gangguan binatang
Tupai/binatang lain yang hinggap di trafo/ peralatan jaringan listrik sehingga mengakibatkan trip penyulang, maka perlu dilakukan pemasangan perisai di cut out, bushing trafonya. LV board/panel kemasukan binatang tikus, tokek, ular atau binatang lainnya, dapat dipasang penutup lubang lv board, atau alat pengusir binatang.
4.       Konduktor putus tersambar petir
Gangguan ini yang sulit untuk dihindari karena datangnya tiba-tiba dan tidak menentu, tidak bisa diprediksi atau diramalkan. Maka dari itu bisa diantisipasi dengan memasang OHGW (Over Head Ground Wire)/Kawat Tanah, Spike/penangkal petir di jaringan.
5.        Flashover
Memasang tekep isolator untuk mengurangi flashover yang terjadi pada Isolator tumpu akibat adanya penggaraman di isolator pada jaringan yang berada dipinggir pantai.
Dan masih banyak lagi gangguan lainya. Nah apalagi temuan inspeksi dan cara penanggulangan yang didapatkan ? mungkin teman-teman lebih berpengalaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar