Minggu, 27 Juni 2021

Coretan dari Distribusi Hingga Kesehatan dan Keselamatan Kerja & Lingkungan (K3L)

PLN UP3 Mataram

Rasanya baru sebentar kerja di PLN, dari tahun 2014 hingga saat ini (2021). hmm... udah 7 tahun yah :) bentar lagi winduan hihihi. Semoga bisa bekerja dengan baik (pesan alm. ajik). Awal dapet SK pegawai, penempatan di Tanjung Lombok Utara di bagian TE (transaksi Energi). yah... tapi hanya 9 bulan bertahan disana. karena sesuatu dan lain hal akhirnya dipindah ke Kota :) Kota Mataram euyy. Dari desa pulang ke kota. di Mataram dapat dibagian distribusi, Jaringan, lebih tepatnya di pemeliharaan. Saya merasa belum banyak ilmu yang saya serap di bagian ini. mentok mentokmengurusi tagihan yantek (pelayanan teknik), sedikit buat RAB, bantu bantu buat SKKI SKKO, laporan gangguan dan serabutan lainnya misalnya juga tekadang ikut ke lapangan untuk mengecek pekerjaan. karena sesuatu dan lain hal akhirnya saya lengser ke bagian kauangan. di keuangan ketemu lagi dengan tagihan tagihan dari bebagai bidang. tugasnya hanya verifikasi tagihan, mudah ? iya tentu tapi harus teliti dan kalau ada tagihan yang belum tebayar yah yang veifikasi yang pasti ditanyakan. yah siap siap harus lembur di akhir atau awal bulan juga kalau di bagian ini. hihihi.
Dan pada akhirnya di tahun 2019, saya pindah ke Bali :)
Sewaktu Keliling Sosialisasi di Seputaran ULP Tabanan

karena sesuatu dan lain hal saya bisa pindah :) sedih rasanya kalau diceritakan :)
nah di bali saya dapat SK penmepatan di kampung halaman saya, di PLN ULP Tabanan. awalnya saya ditempati di bagian AIL (Arsip Induk Pelanggan) yah gudangnya data-data para pelanggan ini nih. kerjaannya nya mudah ? iya tapi banyak dan harus teliti juga ini nih.
jangan pernah sepelekan pekerjaan sekecil apapun yah :)
karena semua saling berkaitan.
 
dan beberapa bulan kemudian, saya dipindah ke Loket, hahaha garda terdepan setelah satpam. langsung maknyos menghadapi pelanggan :)
taulah ya gimana tipikal pendiam tapi selalu ceia seperti saya ini ditempatkan di Loket. yang awalnya muntah muntah, berakhir suka ngelembur kerja tanpa di paksa. hahahaha.
dan di tahun 2021 pindah ke kantor Unit Distribusi Bali hihi. Kantor yang paling pusat di renon, bergabung dengan kebanyakan senior senior yang sudah pro. lalu apalah artinya saya disana ?
hahahaha semakin lama semakin seprti atom aja, lebih kecil dari debu :)
ya tetap semangatlah yah. yang penting bekerja dengan baik dan gajian tiap bulannya. hehehe. bersyukur sekali.
sekarang saya di bagian K3L. Kesehatan dan Keselamatan Kerja & Lingkungan. perlu banyak belajar dibagian ini, dibagian ini harus rajin baca, pengetahuan luas, wawasan merdeka :D hahahha ya begitulah.setiap bagian punya caranya.
di K3L ngapain aja sih ?
kebanyakan sih ngurus ngurus laporan disini, dan kerja sama dengan kedinasan yang lainnya diluar kantor PLN. yang jelas di UID ini sebagai pengendali nya, beda hal nya di unit unit sebagai pelaksananya.
sangat banyak yg belum saya tahu mengenai K3L utamanya mencakup laporan apa saja dan tekat pada saja saja. Masih meraba-raba. apalagi baru Januari 2021 kemarin saya pindah ke K3L :)
nah, sekarang kebanyakan rutinitasnya yah monitoring QWZA namanya yaitu Quick Win Zero Accident, dimana setiap unit melaporkan kegiatan harian K3 yang dilaksanakan yang sifat nya harian. selain itu juga monitoring pegawai yang WFH dan WFO di seluruh PLN Bali temasuk tenaga alih dayanya. kami juga memonitoring COVID seta vaksinnya.
kalau di tanya laporan ke dinas tekait/ke pusat belum pro saya. belum saya baca-baca matei yang diberikan. karena jujur, di bidang K3L ini kita harus rajin baca, memahami dan pelajari alurnya juga.
semoga seiring berjalannya waktu bisa bekerja dengan sebaik-baiknya yah.
kerja baik, berusaha baik, baik dan baik baik saja :) mustahil ? tentu tidak selagi berusaha. jikalau ada masalah, segera terselesaikan.
semangat bagi yang sering pindah pindah bagian di pekerjaan, selamat berjuang ya !!!

NB. di UID jarang Fotoan :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar