Selasa, 03 April 2018

Ritual CoC (Code of Conduct) Online

Workflow Aplikasi KOMANDO

CoC adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara rutin dan sudah menjadi budaya perusahaan untuk menyampaikan arahan, inspirasi, diskusi dari Pimpinan kepada semua anggota pegawai di PLN. Dengan CoC ini diharapkan pegawai / insan PLN dapat memahami dan melaksanakan Visi, Misi, Tujuan Perusahaan, Tata Nilai Perusahaan, Hubungan Antar Insan PLN, Kepemimpinan PLN, Sikap Korporasi Terhadap Hubungan Eksternal, GCG (Good Corporate Governace).

Dimana budaya Perusahaan tidak lepas dari tiga pokok penting yaitu kunci kinerja pegawai, identitas perusahaan, tujuan perusahaan.

1. Kunci Kinerja Pegawai
Setiap karyawan dengan posisinya masing-masing memiliki peran sentral dalam kesuksesan bisnis. Budaya perusahaan yang terimplemantasi dalam kinerja karyawan, akan menjadikan mereka nyaman, tenteram dan bahagia dalam bekerja.

2. Identitas Perusahaan
Setiap organisasi membutuhkan identitas yang dapat memudahkan pihak intern dan ekstern untuk mengingatkannya.

3. Tujuan Perusahaan
Implementasi budaya perusahaan akan menjadikan perusahaan lebih transparan dalam segala hal. transparasi dalam setiap divisi didukung loyalitas, profesionalisme, kreativitas, dan ketekunan setiap pihak maka perusahaan akan sukses.

VISI PLN : Diakui sebagai perusahaan kelas dunia yang bertumbuh kembang, unggul dan terpercaya dengan bertumpu pada potensi insani.

1. Kelas Dunia
Barometer standar kualitas pelayanan dunia, memiliki cakrawala pemikiran yang mutakhir, terdepan dalam pemanfaatan teknologi, haus akan kesempurnaan kerja dan prilaku, merupakan perusahaan idaman bagi pencari kerja.

2. Bertumbuh Kembang
Mampu mengantisipasi berbagai peluang dan tantangan usaha, konsisten dalam mengembangkan standar kinerja.

3. Unggul
Terbaik, terkemuka dan mutakhir dalam bisnis kelistrikkan, fokus dalam usaha mengoptimalkan potensi insani, peningkatan kualitas input, proses dan output produk dan jasa pelayanan secara berkesinambungan.

4. Terpercaya
Memegang teguh etika bisnis, konsistensi memenuhi standar layanan yang dijanjikan, menjadi perusahaan favorit pada pihak yang berkepentingan

5. Potensi Insani
Berorientasi pada pemenuhan standar etika dan kualitas, kompeten, profesional, dan berpengalaman.

MISI PLN :

1. Menjalankan bisnis kelistrikan dan bidang lain yang terkait, berorientasi kepada kepuasan pelanggan, anggota perusahaan dan pemegang saham.

2. Menjadikan tenaga listrik sebagai media untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat

3. Mengupayakan agar tenaga listrik menjadi pendorong kegiatan ekonomi masyarakat

4. Menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan


TATA NILAI PLN :

SIPP

S : Saling Percaya
Saling menghargai, beritikad baik, transparan

I : Integritas
Jujur dan menjaga komitmen, taat aturan dan bertanggung jawab, keteladanan

P : Peduli
Proaktif dan saling membantu, memberi yang terbaik, menjaga citra perusahaan

P : Pembelajar
Belajar berkelanjutan dan beradaptasi, berbagi pengetahuan dan pengalaman, berinovasi

GCG (Good Corporate Governace) :

Sabagai salah satu BUMN, PT PLN (Persero) memiliki kewajiban untuk menerapkan GCG sebagaimana diamanatkan dalam peraturan Menteri  Negara BUMN Nomor Per-01/MBU/2011 tentang penerapan GCG pada perusahaan BUMN.
Perusahaan menyadari bahwa penerapan GCG saat ini tidak hanya sebagai pemenuhan kewajiban saja, namun telah menjadi kebutuhan dalam menjalankan kegiatan bisnis Perusahaan dalam rangka menjaga pertumbuhan usaha secara berkelanjutan, meningkatkan nilai perusahaan dan sebagai upaya agar perusahaan mampu bertahan dalam persaingan.

Setelah memaparkan beberapa kajian pokok yang berkaitan dengan tujuan CoC, sekarang kita akan membahas mengenai CoC online. CoC yang biasanya diadakan manual, sekarang bisa dilakukan secara online. Adapun CoC online ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi yang bernama KOMANDO (KOMunikasi MANajemen dan buDaya Organisasi). KOMANDO bisa diakses melalui Dashboard PLN (kalau di PLN Wilayah NTB : www.plnntb.co.id) pada menu korporat atau dapat diakses melalui www.budaya.pln.co.id) kemudian login dengan user dan password sesuai dengan email korporat.

KOMANDO merupakan aplikasi yang dikembangkan sebagai sarana mengorganisir internalisasi pedoman perilaku. Aplikasi ini digunakan sebagai pengumpulan pernyataan komitmen segenap insan PLN bahwa telah menerima, membaca dan memahami serta melaksanakannya. Aplikasi ini merupakan sarana untuk menjadwalkan, melaksanakan dan melaporkan kegiatan ritual CoC di PLN. Aplikasi ini memfasilitasi penyampaian arahan dari Pimpinan Direktorat, Direksi, General Manager ke segenap insan PLN.

Tujuan dari KOMANDO adalah :
1. Memperkuat identitas perusahaan
2. Memperkuat area kepemimpinan
3. Good Corporate Governance
4. Percepatan penyampaian informasi
5. memperkuat penerapan SIPP

Terdapat beberapa Menu aplikasi pada KOMANDO yaitu :
1. Menu Home
2. Menu Komitmen
Pegawai membaca, memahami dan mengikuti evaluasi pemahaman tersebut melalui pengisian soal pada aplikasi CoC online - KOMANDO
3. Menu Code of Conduct
Pegawai ter-record sebagai peserta ritual CoC dengan melakukan Check-in, membaca materi pedoman perilaku dan materi nasional/General Manager, serta modul ini untuk membantu admin dalam memonitor pelaksanaan ritual CoC.

2 komentar: